Cash King Hingga Agile Company, Strategi Kreatif Ekonomi Di Masa Pandemi

Pekanbaru – Tema “Peran Akuntan Dalam Merumuskan Strategi Sektor Kuangan Dan Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi COVID-19” dipilih menjadi tema utama Seminar Nasional Konferensi Riset Akuntansi (KONRA) Riau 1 yang ditaja oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Rabu (11/11/20) yang lalu. Seminar nasional ini menghadirkan keynote speaker Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si. KONRA turut menghadirkan narasumber terkemuka Prof. R. Dian Agustia, M.Si., Ak., CA selaku Ketua IAI KAPD, dan Pengusaha Nasional sekaligus Founder OKE OCE Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, M.B.A., dan dosen FEB UNAIR Iman Harimawan, SE., M.BA, Ph.D.

Sandiaga Uno, dalam pemaparannya menekankan banyak hal, salah satunya betapa pentingnya pembayaran cash dalam masa pandemi ini. Besarnya dampak pandemi COVID-19 pada working capital membuat sandi menilai perlunya suntikan bantuan pada pelaku entrepreneur melalui metode yang disebutnya Cash is King. Di lain kesempatan sandi juga mengatakan agar ekonomi kreatif mampu bertahan dalam kondisi saat ini, perlu adanya inovasi dan kolaborasi antara pelaku usaha dengan stakeholder.

Di sisi lain, Dian Agustia melihat tema ini dari sudut pandang yang berbeda, Menurutnya, adanya pembelajaran jarak jauh menyebabkan masalah keuangan di dalam dunia pendidikan dikarenakan banyaknya wali murid yang menginginkan institusi pendidikan untuk menurunkan biaya. Tidak hanya itu, Dian menjelaskan bahwa pandemi juga mempengaruhi dunia kerja, diantaranya memaksa para penggiat usaha untuk mempercepat akses digital diseluruh lini industri yang dimiliki, menambah keterampilan di bidang lain seperti cyber security yang memiliki peran sangat penting dalam perpindahan gaya kerja digital, dan meningkatkan jumlah wirausaha yang memiliki ide kreatif dan inovatif.

Iman Harimawan membahas secara mendalam mengenai Agile Company, yang diartikan sebagai perusahaan yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar selama masa COVID-19. Strategi ini menjadi salah satu cara yang sangat penting dilakukan oleh perusahaan agar bisa terus eksis di masa COVID-19 sekaligus mengurangi dampak pandemi ini di tubuh perusahaan. Agar mempercepat perubahan sebuah perusahaan menjadi Agile Company, Iman berpendapat juga sangat diperlukan adanya Data Science. Hal ini lah yang akan menjadi peran yang penting dalam Predictive Analytics in Auditing dan forecasting.

Pemaparan oleh narasumber yang sangat mendalam diharapkan mampu membawa sebuah pola pikir dan wawasan baru bagi para peserta seminar dalam menyikapi pandemi COVID-19, juga mampu memancing munculnya ide kreatif sebagai strategi bertahan dalam masa pandemi ini.