Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Riau

Galeri Investasi Universitas Muhammadiyah Riau berdiri pada tanggal 13 Januari 2016 bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, PT Kliring dan Penjaminan Efek Indonesia, serta PT Indopremier Sekuritas. Tujuan awal pendirian galeri investasi UMRI ini adalah untuk memasyarakatkan Pasar Modal dan kegiatan ilmiah secara bersama-sama dalam rangka pengembangan Pasar Modal Indonesia di lingkungan masyarakat pada umumnya dan komunitas perguruan tinggi pada khususnya. Dengan adanya galeri investasi diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para pihak dan seluruh civitas akademika UMRI, yaitu:

  1. memperluas kerjasama institusi serta meningkatkan kompetensi mahasiswa UMRI khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
  2. menyediakan informasi dan data yang berhubungan dengan Pasar Modal di galeri investasi seperti penyediaan data real time, laporan riset, berita, prospektus, laporan keuangan dan bentuk publikasi lainnya yang mendukung mahasiswa UMRI khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  3. memfasilitasi kegiatan penelitian, praktik kerja/magang atau pun pelatihan bagi staf akademik dan/atau mahasiswa UMRI baik dalam rangka penyelesaian tugas akhir maupun tugas lainnya yang berhubungan dengan pasar modal.

Sejak 13 Januari 2018, Galeri Investasi UMRI berubah nama menjadi Galeri Investasi Syariah. Hal ini dalam rangka untuk mendukung salah satu program dari Catur Dharma Universitas Muhammadiyah Riau, yaitu Al Islam Kemuhammadiyahan. Galeri investasi syariah UMRI sejak awal bekerja sama dengan anggota bursa (AB) mitra yaitu PT Indopremier Sekuritas.

Struktur Organisasi

Pembina : Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia
: Direktur PT Indopremier Sekuritas
: Rektor UMRI
: Dekan FEB UMRI
: Kaprodi Akuntansi FEB UMRI
Penanggungjawab : Muhammad Ahyaruddin, SE., M.Sc., Ak.
Person in Charge (PIC) : Sakinah Azzahra Hamasda Hakin
Kelompok Studi Pasar Modal : Tutut Tri Cahyani

 

PT Indopremier Sekuritas

PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan ijin Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Pada tahun 2002, founders dari IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan dinamakan PT Indo Premier Securities yang kemudian berubah menjadi PT Indo Premier Sekuritas pada tahun 2017. Sejak itu, IndoPremier menjadi pelopor dalam berbagai bidang usaha efek di Indonesia. Hingga saat ini, dari sisi pangsa pasar maupun kapitalisasi modal, IndoPremier telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku pasar modal terbesar dengan kapitalisasi modal yang lebih dari Rp 1.5 Triliun per 31 Desember 2019. Visi dari IndoPemier adalah “To provide the most useful and ethical financial services, and consequently to be known as one of Indonesia’s great companies”. Sedangkan Misi-nya adalah “To empower investor to take control of their financial lives, free from the high costs, complexities, conflict of interest, and to connect people to capital market”.

Dalam bidang usahanya, IndoPremier bergerak di bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, dan manajemen investasi. Nasabah-nasabah yang terkait, dapat dibagi menjadi 2 kategori yang berbeda yaitu Retail dan Institusi. Hingga saat ini, IndoPremier adalah salah satu perusahaan efek yang mempunyai peran sangat besar di 2 kategori ini. Hanya ada beberapa perusahaan efek di Indonesia yang sangat berhasil di kedua kategori nasabah, karena biasanya suatu perusahaan efek hanya dapat berkonsentrasi di satu kategori nasabah.

Alamat web: https://indopremier.com/

 

BEI, KPEI dan KSEI

BEI, KPEI dan KSEI merupakan self regulatoty organization atau organisasi yang memiliki wewenang untuk membuat peraturan dan standarisasi dalam hal ini di industri pasar modal Indonesia serta memastikan pelaksanaan peraturan tersebut. Secara ringkas, masing-masing perusahaan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut: BEI menyediakan sistem perdagangan dan membuat peraturan yang berhubungan dengan perdagangan efek melalui bursa. KPEI menyediakan jasa kliring penjaminan penyelesaian transaksi efek yang dilakukan melalui bursa. KSEI merupakan kustodian sentral bagi efek yang diperdagangkan di bursa.
Informasi lebih lanjut tentang masing-masing perusahaan bisa diakses melalui:

https://www.idx.co.id/
https://www.kpei.co.id/
http://www.ksei.co.id/

 

Alamat:

Ruang Galeri Investasi Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Utama UMRI

Jl. Tuanku Tambusai, 28294