Mahasiswa hanya bisa mengajukan pembuatan surat melalui akun Sistem Akademik Mahasiswa (SIAM) nya masing-masing. Surat yang bisa dajukan melalui sistem adalah sebagai berikut:
- Surat Aktif Kuliah
- Surat Izin Magang
- Surat Izin Penelitian
- Surat Keterangan Lulus
- Surat Keterangan Bebas Beasiswa
- Surat Izin Cuti
- Surat Izin Penundaan Pembayaran SPP
- Surat Keterangan Berkelakuan Baik
*Apabila mahasiswa ingin dibuatkan surat diluar format tersebut diatas, mahasiswa ybs bisa konsultasi ke Tata Usaha terlebih dahulu
- Login akun SIAM masing-masing,
- Buka pilihan menu dan pilih menu Surat, pilih jenis surat yang dibutuhkan,
- Pilih tombol Tambah Surat untuk memulai membuat surat baru
- Terus cek Riwayat Surat untuk melihat progres surat mu,
- Apabila sudah ada pilihan Cetak, maka surat sudah selesai dan bisa dicetak dimanapun (tidak perlu ke Tata Usaha)
- Tempat Magang : Diisi dengan nama perusahaan / instansi tempat magang
- Penerima Surat : Diisi dengan nama pimpinan perusahaan tempat magang, apabila tidak tahu namanya tuliskan “Pimpinan PT xxxxxx / Kepala Dinas xxxxxx”
- Judul Penelitian : Diisi dengan judul skripsi/tugas yang sedang diteliti;
- Tempat Penelitian : Diisi dengan nama perusahaan/kantor dinas/badan/organisasi tempat melakukan penelitian / pengambilan data;
- Penerima Surat : Diisi dengan nama pimpinan perusahaan tempat magang
- apabila tidak tahu namanya tuliskan <Pimpinan PT xxxxxx / Kepala Dinas xxxxxx>
- apabila tujuannya ke banyak perusahaan maka diisi <Pimpinan Bank ………………. > (titik-titik diisi dengan nama bank menggunakan tulisan tangan setelah surat dicetak)
- Jumlah Tagihan : Diisi dengan angka seluruh tagihan yang harus dibayar;
- Janji Bayar : isi dengan angka yang sanggup dibayarkan pada saat pengajuan;
- Batas Akhir Janji Bayar : Tanggal paling akhir sanggup melunasi sisa yang belum dibayarkan;
- Alasan Tunda Bayar : tuliskan alasan yang singkat dan jelas. Alasan yang dituliskan berpengaruh dengan keputusan diizinkan atau tidak.