Ormawa FEB UMRI Jalani Pelatihan Administrasi Dasar

Pekanbaru – Lima Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas dan empat Himpunan Mahasiswa (HIMA) dari program studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan dan Manajemen melaksanakan pelatihan administrasi dasar pada hari Sabtu (05/02) siang. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris masing-masing ormawa dengan jumlah total sepuluh orang ini dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pelatihan ini merupakan kali kedua setelah tahun sebelumnya Tata Usaha FEB selaku pelaksana juga memberikan pelatihan untuk ORMAWA masa jabatan tahun sebelumnya.

Luthfi Agustian, B.A(Comm), Staff Tata Usaha FEB yang menjadi pemateri pada pelatihan tersebut, menyebutkan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi kelangsungan administrasi ORMAWA yang ada di lingkungan Fakultas. Berfokus pada administrasi dasar berbentuk surat menyurat, Luthfi menyampaikan bahwa kerapihan administrasi pada surat menggambarkan rapihnya organisasi yang ada di organisasi tersebut. “Bentuk surat yang tidak rapih, penomoran yang tidak sama, tujuan surat yang meleset atau tulisan yang salah merupakan salah satu bukti yang menunjukkan organisasi tersebut tidak rapih dan tidak serius dalam organisasi”. “Untuk itu sangat penting administrasi harus rapih, memastikan organisasi berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kesan sembarangan dalam tubuh organisasi” ujarnya.

Peserta pelatihan mendapatkan arahan bagaimana bentuk surat yang baik berdasarkan Aturan Tata Naskah yang berlaku di badan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), berupa bentuk struktur surat, penomoran, lampiran, penanggalan, tandatangan, jenis tulisan, ukuran tulisan dan lainnya. Pada akhir sesi, seluruh ORMAWA diminta untuk membuat surat permohonan pengadaan email resmi ORMAWA yang ditujukan kepada Dekan FEB.

Setali tiga uang, Luthfi juga melaksanakan serah terima email resmi ORMAWA FEB di penghujung acara tersebut. Setiap ORMAWA yang hadir mendapatkan email resmi yang berafiliasi dengan email universitas, dengan harapan ORMAWA FEB akan memiliki kontak resmi dan administrasi organisasi akan lebih tersentral dan lebih rapih.







[vfb id=53]

[vfb id=52]

[vfb id=50]

[vfb id=49]

[vfb id=48]

[vfb id=47]

[vfb id=46]

[vfb id=45]