Sejarah dan Perkembangan Fakultas

Sebagai wujud komitmen Muhammadiyah menjadi pilar bangsa yang mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Ridha Allah SWT dan Pancasila serta UUD 1945, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau berhasil mendirikan Akademi Keuangan dan Perbankan Muhammadiyah (AKPM) pada tanggal 05 November 1998 setelah sebelumnya juga berhasil mendirikan ATOM dan AKPER.

Dalam perkembangannya, PWM Riau terus mengupayakan agar ketiga akademi tersebut bisa menyatu menjadi satu universitas dengan harapan dapat mengembangkan amal usaha pendidikan yang dimiliki sebagai salah satu pilar dakwah amar ma’ruf nahi mungkar melalui penyelenggaraan pendidikan, khususnya di Provinsi Riau. Maka atas seizin Allah SWT cita-cita tersebut berhasil terwujud melalui berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) pada tanggal 05 Juni 2008 berdasarkan SK MENDIKNAS RI No. 94/D/O/2008, dimana pada saat itu UMRI menjadi Universitas  Muhammadiyah ke-39 yang berdiri di Indonesia. Mengawali berjalannya kegiatan belajar mengajar, UMRI bertempat di Gedung Da’wah Muhammadiyah yang berlokasi di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru dan memiliki 5 Fakultas :

  • Fakultas Teknik;
  • Fakultas Ekonomi;
  • Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kesehatan;
  • Fakultas Ilmu Komputer;
  • Fakultas Ilmu Komunikasi.

sekaligus menandakan Universitas Muhammadiyah Riau dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis berdiri di tanggal yang sama. Diawal berdirinya, Fakultas Ekonomi (Saat ini bernama Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau lebih dikenal dengan FEB) memiliki 3 Program Studi :

Dengan keseriusan dalam meningkatkan kualitasnya, alhamdulillah pada Tahun 2016 ketiga program studi ini berhasil meraih Akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Atas izin Allah SWT, perkembangannya yang sangat pesat dan dukungan dari banyak pihak, UMRI berhasil mendirikan area perkuliahan baru di Jl. Nangka Ujung/T. Tambusai Ujung (di sebelah Mall SKA) yang mampu menampung lebih banyak kelas dan beberapa fakultas, salah satunya FEB yang pada tahun 2014 turut pindah ke area perkuliahan baru yang pada saat itu disebut “Kampus 2” (Sekarang menjadi Kampus Utama).

Melihat kemajuan yang pesat ditunjukkan dengan semakin tinggi nya minat mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di FEB UMRI, pada akhirnya UMRI dan FEB membuka Program Studi S1 Manajemen pada tahun 2017 dimana program studi ini juga meraih Akreditasi B oleh BAN-PT pada tahun 2018.

Hingga saat ini, FEB UMRI masih tetap menjadi fakultas dengan peminat paling tinggi di Universitas Muhammadiyah Riau, memiliki lebih dari 2000 mahasiswa aktif juga alumni yang sudah bekerja di berbagai perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan, dan seluruh Program Studi yang ada di FEB sudah terakreditasi “B” oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi) yang menjadi bukti bahwa FEB benar-benar serius dalam memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat Riau secara khususnya.

Instruksi

1. Membayar uang pembuatan KTM ke Tata Usaha sebesar Rp. 60.000
2. Mengisi formulir pengajuan di halaman ini


Syarat Foto

1. Foto berbentuk file asli (bukan foto menggunakan HP)

2. Ukuran foto 3x4

3. Berfoto dengan posisi serong

4. Foto wajib menggunakan Jas Almamater
5. Latar Belakang Merah
6. FILE diberi nama dengan format berikut : Nama_NIM

Pengajuan Pembuatan KTM Baru

 

Verifikasi

Tata Cara Pengajuan Surat

1. Pastikan sudah membaca syarat surat terlebih dahulu
2. Pilih dan download format surat yang dibutuhkan,
3. Edit isi surat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa masing-masing,
4. Cetak surat,
5. Minta tandatangan pejabat yang tertera di surat (Ka.Prodi/Dosen PA/dll),
6. Serahkan ke Pihak yang tertera di syarat surat

 

Silahkan download format surat dibawah sesuai kebutuhan

> Permohonan Data Fakultas Untuk Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Pra Proposal Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Tugas Mata Kuliah (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Input Mata Kuliah / KRS (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Kembali Kuliah Setelah Cuti (Serahkan ke BAAK)


> Permohonan Pindah Regular (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Program Studi (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Universitas (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Pengunduran Diri (Serahkan ke Tata Usaha)

Permohonan Peminjaman

    Data Mahasiswa Peminjam

  • Data Buku Yang Akan Dipinjam

 

Verifikasi