Semangat Pelantikan Mahasiswa Baru Disela Pandemi

umri.ac.id – Pandemi covid-19 masih melanda, tidak menyurutkan UMRI untuk tetap mengukuhkan 1.943 mahasiswa baru T.A 2020/2021 dalam prosesi sidang senat terbuka pengukuhan mahasiswa baru umri T.A 2020/2021 yang dilaksanakan dengan kombinasi daring (online) dan luring (offline), Senin (7/10). Pelaksanaan online dilaksanakan secara streaming melalui aplikasi Youtube dan zoom meeting. Sedangkan pelaksanaan offline dihadiri oleh jajaran senat Universitas Muhammadiyah Riau dan perwakilan mahasiswa baru dari 8 fakultas yang ada di UMRI.

Rektor menyampaikan selamat atas dilantiknya mahasiswa baru UMRI 2020. “Ananda telah menjadi orang-orang terpilih dari ribuan orang yang ingin kuliah pada saat ini. Sekali lagi selamat,”ungkapnya. Rektor juga mengingatkan bahwa mahasiswa UMRI harus memiliki integritas, kepedulian, menjadi terdepan (excellent) dan relijius. Semuanya ditujukan agar mahasiswa UMRI  menjadi pembelajar yang inovatif, solutif dan berkarakter luhur dan dapat menjadi solusi permasalahan masyarakat dan keumatan.

Rektor berpesan kepada mahasiswa baru untuk belajar dengan sungguh-sungguh di Universitas Muhammadiyah Riau. “Ananda akan selalu mendapat pendampingan dari para Dosen dan tenaga kependidikan yang mengedepankan ilmu  pengetahuan dan teknologi terbarukan tentunya dengan selalu berlandaskan keimanan dan ketaqwaan, Al-Qur’an dan sunnah,”jelasnya.  Ia menambahkan agar mahasiswa baru dapat membuat roadmap atas cita-cita besar dalam hidup dan merencanakan dengan baik bersama dosen-dosen dan pembimbing yang ada di UMRI.

Selain itu Rektor mengatakan kepada mahasiswa senior angkatan 2019 dan sebelumnya untuk menyambut hangat adik-adik mahasiswa baru angkatan 2020 sebagai teman baru yang bersama-sama ingin belajar di UMRI. “Bantuan anda semua untuk mereka mengenal kehidupan kampus dan mengikuti pendidikan, mengalami proses pembelajaran di UMRI sungguh merupakan sesuatu yang mereka dambakan dan apresiasi,”terangnya.

Kepada para Tenaga Kependidikan, Rektor berpesan untuk menyambut dan melayani anggota baru UMRI dengan penuh keramahan. “Sambutan dan layanan kita kepada mahasiswa baru amat sangat bermakna. Keramahan, kehangatan, dan ketulusan akan sangat menyentuh dan membuat mereka menemukan tempat belajar dan rumah baru di UMRI,”ungkapnya.

Begitu juga kepada para Dosen, Rektor mengatakan mahasiswa baru datang sebagai mitra muda pembelajar, dengan pengetahuan dan pengalaman mereka, dengan harapan dan cita-cita agar kelak menjadi sarjana yang mandiri, dewasa, peduli dan tentunya dapat memberi kontribusi bagi negara dan bangsa. “Mari kita dampingi dan bekali mereka untuk dapat mewujudkannya. Tidak sedikit dari para mahasiswa yang boleh jadi kemudian hari menjadikan bapak/ibu dosen sebagai idola kehidupan dalam hal profesi, semangat belajar, intelektualitas, integritas, perhatian serta kepedulian,”jelasnya.

Menurut Laporan Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty, S.Si, MT, jumlah mahasiswa baru UMRI T.A 2020/2021 terdiri dari Fakultas Teknik berjumlah 220 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis berjumlah 546 orang, Fakultas Ilmu Komputer 301 orang, Fakultas Ilmu KOMUNIKASI 274 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berjumlah 133 orang, Fakultas Hukum berjumlah 142 orang, Fakultas Studi Islam berjumlah 92 orang dan Fakultas MIPA dan Kesehatan berjumlah 235 orang.

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta’aruf (MASTA) yang berlangsung selama 5 hari hingga Senin (12/10), akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti siding senat terbuka dan pengukuhan mahasiswa baru dan penyerahan mahasiswa baru ke fakultas. Kemudian diikuti dengan webinar yang diisi oleh pembicara yang kompeten di bidangnya yakni Najih Prasetyo (Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed (Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah). Dihari terakhir, para mahasiswa baru akan mengikuti dialog interaktif dengan fakultas masing-masing melalui aplikasi “kekampusUMRI 2020” merupakan aplikasi yang dibuat serta dikembangkan oleh Unit Sistem Teknologi Informasi UMRI dalam memudahkan mahasiswa baru untuk mengikuti serangkaian acara pengukuhan tersebut. (rn).

Jadilah Bagian dari Hall Of Fame FEB UMRI!

    Data Diri

  • Pencapaian

 

Verifikasi

Instruksi

1. Membayar uang pembuatan KTM ke Tata Usaha sebesar Rp. 60.000
2. Mengisi formulir pengajuan di halaman ini


Syarat Foto

1. Foto berbentuk file asli (bukan foto menggunakan HP)

2. Ukuran foto 3x4

3. Berfoto dengan posisi serong

4. Foto wajib menggunakan Jas Almamater
5. Latar Belakang Merah
6. FILE diberi nama dengan format berikut : Nama_NIM

Pengajuan Pembuatan KTM Baru

 

Verifikasi

Tata Cara Pengajuan Surat

1. Pastikan sudah membaca syarat surat terlebih dahulu
2. Pilih dan download format surat yang dibutuhkan,
3. Edit isi surat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa masing-masing,
4. Cetak surat,
5. Minta tandatangan pejabat yang tertera di surat (Ka.Prodi/Dosen PA/dll),
6. Serahkan ke Pihak yang tertera di syarat surat

 

Silahkan download format surat dibawah sesuai kebutuhan

> Permohonan Data Fakultas Untuk Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Pra Proposal Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Tugas Mata Kuliah (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Input Mata Kuliah / KRS (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Kembali Kuliah Setelah Cuti (Serahkan ke DAAK)


> Permohonan Pindah Regular (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Program Studi (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Universitas (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Pengunduran Diri (Serahkan ke Tata Usaha)