Kesiapan Menghadapi Segala Bentuk Perubahan Dan Ketidakpastian

Oleh : Khusnul Fikri

Perubahan dunia yang terjadi saat ini sangat cepat, baik terjadi dalam hitungan tahun, bulan, minggu, jam, dan menit yang bermula dari perubahan setiap detiknya. Perubahan tersebut dapat dilihat dari kemajuan teknologi, perilaku masyarakat, dan lainnya. Perubahan yang berbentuk suatu ketidakpastian, namun ternyata ketidakpastian tersebut merupakan suatu hal yang pasti akan dihadapi. Kemudian, muncul suatu pertanyaan, “sudahkah kita siap dalam menghadapi setiap perubahan yang akan terjadi?” dan “seberapa besarkah kesiapan tersebut?” Jawaban atas kedua pertanyaan tersebut dapat terwakili melalui satu kata kunci, yakni “MANAJEMEN”.

Manajemen sendiri dapat diartikan secara harfiah sebagai suatu seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen sebagai seni menyiratkan penerapan pengetahuan & keterampilan untuk mencoba tentang hasil yang diinginkan. Seni itu sendiri dapat didefinisikan sebagai aplikasi yang dipersonalisasi dari prinsip-prinsip teoritis umum untuk mencapai hasil terbaik. Untuk mengelola secara efektif, seseorang tidak hanya harus memiliki kemampuan yang diperlukan untuk memimpin tetapi juga seperangkat keterampilan kritis yang diperoleh melalui waktu, pengalaman, dan praktik. Seni me-“manage” atau mengelola adalah atribut kreatif pribadi dari manajer, yang lebih sering diperkaya oleh pendidikan, pelatihan, pengalaman. Seni mengelola melibatkan konsepsi visi tentang keseluruhan yang teratur yang tercipta dari bagian-bagian yang kacau dan komunikasi serta pencapaian visi ini. Mengelola adalah “seni seni” karena mengatur dan menggunakan bakat manusia.

Ternyata, diri kita ini sejatinya adalah seorang manajer, yaaa….. seorang manajer untuk mengatur diri kita sendiri sebelum mengatur orang lain, karena manajer adalah orang yang memahami dan melakukan manajemen yang merupakan suatu ilmu dan seni dalam merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengawasi serta mengevaluasi, guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Setiap individu selayaknya memiliki tujuan dan target dalam kehidupan. Kemudian nanti pada prosesnya tentunya akan menghadapi berbagai macam tantangan. Namun tantangan utama individu yang notabene adalah juga sebagai seorang manajer terutama bagi dirinya sendiri adalah bagaimana memecahkan masalah secara kreatif. Sementara itu untuk membantu manajer menanggapi tantangan pemecahan masalah secara kreatif, prinsip-prinsip manajemen telah lama dikategorikan ke dalam empat fungsi utama perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian/ pengawasan (kerangka P-O-L-C).

Persiapkan diri kita agar mampu bersaing, berdaya guna dan berhasil guna yakni dengan menjadikan diri sebagai suatu individu yang mempunyai perencanaan matang, menggerakkan diri untuk mau belajar dan berkembang, menjadikan diri kita sebagai pemimpin yang selalu dapat memotivasi diri, dan melakukan evaluasi (penilaian) secara periodik untuk melihat sejauhmana kelebihan dan kekurangan yang telah kita lakukan dalam rangka mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan. Persiapkan diri kita semaksimal mungkin terhadap perubahan yang terjadi dikemudian hari, karena yang pasti terjadi adalah suatu ketidakpastian.

Instruksi

1. Membayar uang pembuatan KTM ke Tata Usaha sebesar Rp. 60.000
2. Mengisi formulir pengajuan di halaman ini


Syarat Foto

1. Foto berbentuk file asli (bukan foto menggunakan HP)

2. Ukuran foto 3x4

3. Berfoto dengan posisi serong

4. Foto wajib menggunakan Jas Almamater
5. Latar Belakang Merah
6. FILE diberi nama dengan format berikut : Nama_NIM

Pengajuan Pembuatan KTM Baru

 

Verifikasi

Tata Cara Pengajuan Surat

1. Pastikan sudah membaca syarat surat terlebih dahulu
2. Pilih dan download format surat yang dibutuhkan,
3. Edit isi surat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mahasiswa masing-masing,
4. Cetak surat,
5. Minta tandatangan pejabat yang tertera di surat (Ka.Prodi/Dosen PA/dll),
6. Serahkan ke Pihak yang tertera di syarat surat

 

Silahkan download format surat dibawah sesuai kebutuhan

> Permohonan Data Fakultas Untuk Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Pra Proposal Penelitian (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Data Tugas Mata Kuliah (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Input Mata Kuliah / KRS (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Kembali Kuliah Setelah Cuti (Serahkan ke BAAK)


> Permohonan Pindah Regular (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Program Studi (Serahkan ke Tata Usaha)

> Permohonan Pindah Universitas (Serahkan ke Tata Usaha)


> Permohonan Pengunduran Diri (Serahkan ke Tata Usaha)

Permohonan Peminjaman

    Data Mahasiswa Peminjam

  • Data Buku Yang Akan Dipinjam

 

Verifikasi